Header Ads

Oprek Android Anda ? Mengapa Tidak ?

Open Source yang ditanamkan pada sistem Android merupakan salah satu dari beberapa kelebihan yang dimiliki oleh HP Android dan Open Source sendiri mempunyai daya tarik dari segi sistem operasi yang diusung oleh perusahaan Google . Pihak google sendiri sengaja merilis kode sumber (source code), Jika anda memiliki Hape Android ini maka anda akan bisa mendapat kelebihan kustomisasi di Hape Android anda. Beberapa Istilah umum pernah kita dengar, seperti : root, custom recovery, flashing, dan customROM. Bagi anda yang suka mengotak-atik alat elektronik salah satunya Hape yang memiliki suatu sistem maka anda tidak salah jika mempunyai keinginan juga untuk Ngoprek Android anda.
Oprek Android Anda ?
Hobi otak-atik Hape atau lebih sering orang menyebutnya sebagai tukang oprek, memerlukan keahlian dan kemampuan khusus serta anda harus memiliki wawasan yang luas tentang seluk-beluk dari sistem Android ini, selain itu anda juga harus memiliki keberanian untuk otak-atik sisem android ini. Faktor-faktor yang kami sebutkan tadi sangatlah penting, karena jika anda salah dalam memodifikasi sistem android tersebut maka akan berakibat sangat buruk bagi hape Android anda. Kita memang perlu mencoba dan berani mencoba, tidak ada salahnya jika anda mempunyai teman atau sahabat yang pintar dalam me-ngoprek Hape Android, maka tidak ada ruginya jika kita belajar dari teman yang pintar untuk oprek Hape terutama Android.
Jika dirasa perlu cobalah anda untuk bergabung dengan komunitas Android yang saat ini sangat banyak bertebaran. Tidak lain dan tidak bukan dengan bergabung di komunitas tersebut akan menambah wawasan anda tentang Oprek-oprek Hape Android. Manfaatkan media online seperti Facebook, twitter untuk bertanya dan menambah wawasan anda tentang Hp Android.
Postingan kali adalah tentang beberapa hal dasar untuk ngoprek Android anda, berikut istilah-istilah yang sering dipakai antar komunitas pecinta oprek HP Android.
Rooting
Istilah Rooting sendiri banyak orang yang salah mengartikannya, banyak orang yang beranggapan bahwa istilah Rooting sama dengan istilah Jailbreak pada Apple yang mempunyai sistem iOS. Rooting memiliki fungsi yang utama, fungsi yang utama dari rooting adalah agar pengguna Android memiliki akses penuh yang tanpa batas dari sistem android didalamnya.
Seberapa pentingkah rooting?
Semakin canggihnya HP sekarang ini membuat kita yang mempunyai hobi oprek Android menjadi gatal tangannya untuk membuat kinerja HP android kita semakin hebat. Beberapa perangkat dengan sistem Android sekarang kebanyakan memiliki media penyimpanan internal sangat besar. Beberapa alasan mengapa diperlukan rooting pada sistem android adalah intinya untuk mempercepat kinerja sistem Android kita dan untuk memiliki akses penuh dari sistem android kita.
Segera lakukan Backup, USB Debugging, dan Unknow Source
Jika anda hobi oprek Hp jangan lupa untuk melakukan tahapan-tahapan berikut ini.
Back-up
Sebelum melakukan apapun coba biasakan untuk melakukan back-up data sebelumnya. Back-up ini sangat penting untuk berjaga-jaga apabila kita melakukan rooting gagal, jika sudah kita back-up maka kita tidak akan khawatir lagi dengan data-data yang ada di HP kita, karena kita sudah mem-back-up nya terlebih dahulu.
Pastikan semua kontak telepon anda yang ada harus tersimpan melalui akun Google anda. Namun, apabila anda menyimpannya pada internal phone, segeraah lakukan back up  dengan mengekspornya ke SD Card. Jika anda ingin melakukan back up untuk SMS yang anda harus lakukan adalah mengunduh dan instal aplikasi yang terdapat Play Store “ Backup & Restore SMS”. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah centang “unknown source” dan “USB debugging” melalui Setting (Pengaturan).
Lock Bootloader?
Apakah Hp Android anda terdapat lock bootloader ?lock bootloader disistem Android adalah perintah untuk mengunci akses pada sistem Android, jika pada Android anda terdapat lock bootloader maka yang perlu anda dilakukan jika anda ingin me-root android anda adalah segeralah buka (unlock) bootloader tersebut. Cara membukanya sangat mudah. Anda bisa membuka bootloader tersebut dengan melihat situs vendor yang anda gunakan atau pada seri Nexus melalui Mode Bootloader. Namun anda perlu memperhatikan lebih seksama Sebelum membuka bootloader, pastikan dalam situs tersebut terdapat tutorial bagaimana caranya untuk  mengunci (lock) bootloader kembali. Jika anda tidak menemukan hal itu, sangat tidak disarankan karena garansi dipastikan tidak bisa diklaim. Langkah selanjutnya adalah Solusinya bagaimana melakukan rooting tanpa melakukan unlock bootloader adalah coba anda cek ketersediaan tools yang bernama tools bypass yang berguna untuk proses rooting. Kelemahannya adalah jika anda menggunakan tools ini, jika HP anda masih dalam status lock bootloader maka anda tidak akan bisa melakukan instal custom kernel. Apakah Fungsi dan tujuan dari kernel ? Pada umumnya untuk kernel mempunyai fungsi untuk menghubungkan hardware ke sistem operasi dan pada kernel akam mempunyai beberapa  informasi tentang beberapa driver-driver hardware yang digunakan dan mendukung dengan perangkat HP anda. Saya contohkan jika Pada perangkat keluaran SONY, jika anda sudah melakukan unlock bootloader dan anda melakukan instal custom kernel, maka jika terdapat perintah untuk software update jangan pernah sekali-kali anda memasang, karena akan menyebabkan perangkat anda akan mengalami mati total tidak mau bukan ??
Beberapa tools untuk root
Beberapa Alat atau Tools untuk bisa melakukan rooting di Android anda, untuk proses rooting di Android anda mempunyai dua pilihan yatu dengan menggunakan aplikasi di Android atau menggunakan tools yang anda instal di PC. Saran saya adalah oprek HP anda dengan menggunakan aplikasi yang terinstal di HP anda karena cara ini lebih mudah, karena anda tidak lagi perlu menghubungkan HP anda dengan komputer. Beberapa aplikasi yang bisa unduh di playstore dan anda gunakan untuk rooting di Android adalah
  • aplikasi Gingerbreak.
  • framaroot untuk beberapa perangkat Samsung,
  • Z4root.
  • ExynosAbuse
  • Iconiaroot
Sedangkan jika anda menginginkan untuk rooting pada PC anda, beberapa tools yang wajib anda instal di PC contohnya seperti :
  • Doomlord
  • SuperOneClick
  • Root with Bin4ry

Beberapa Keuntungan Rooting :
1.      Hp Android anda bebas dari iklan, karena anda bisa blokir iklan yang bertebaran di HP anda
2.      Anda mempunyai Akses penuh, untuk modifikasi sistem Android anda.
3.      Anda bisa melakukan Back up pada semua aplikasi, termasuk aplikasi sistem Android didalamnya.
4.      Anda dapat melakukan Instal semua aplikasi yang memanga membutuhkan akses rooting.
5.      Dengan leluasa anda bisa menghapus aplikasi sistem bawaan.
6.      Anda akan memiliki hardware yang optimal karena jika sudah di root maka HP anda bisa mencapai proses overclock procesor.

5 comments:

Powered by Blogger.